keindahan hidup
Just another WordPress.com weblog

PET CARE

Berikut ini adalah tips untuk merawat    hewan-hewan peliharaanmu. Merupakan cara yang simple, mudah dipraktekkan, membuat si pet lebih happy dan pastinya lebih menjamin kesehatanmu.

Cleanliness

Lalai dalam menjaga kebersihan hewan peliharaan bisa mendatangkan kuman sumber penyakit menular.

Bulu anjing atau kucing tidak selalu menyebabkan asma. Kalu kamu setiap kali dekat your pet, mungkin kamu memang alergi sama bulunya,. Control asma dengan tidak terlalu sering bermain dengan peliharaanmu. Selalu bersihkan tempat mainnya dari bulu-bulu yang rontok.

Begitu juga soal parasit toksoplasma. Memang benar, yang paling ditakutkan itu parasit yang ada dikotoran kucing karena disitulah dia bisa berkembang cepat. Waktu membersihkan bak pasirnya, gunakan sarung tangan, rendam di air panas, cuci pakai cairan pemutih dan deterjen, lalu bilas pakai air panas. Jaga kebersihan kucing dengan tidak membiarkannya makan sembarangan.

Peliharaanmu bisa terkena leptospirosis akibat kencing tikus yang mencemari wadah makanannya. Jadi, kalu tidak mau tertular, tentu saja kebersihannya harus selalu kamu jaga.

Sanitasi yang buruk juga bisa jadi penyebab penyakit kelamin, chlamidia. Bisa menyerang kucing yang minumnya sembarangan, atau anjing yang terkadang makan kotorannya sendiri. Hewan peliharaan yang sedang hamil bisa keguguran bila terkena virus ini.

The Cage

Jangan jadikan kandang sebagai hukuman. Misalnya, setiap peliharaanmu melakukan kesalahan, kamu menyeretnya ke kandang. Ini salah besar karena insting-nya akan mengatakan bahwa kandang adalah sebuah hukuman. Jadi dia tidak akan mau dituntun ke kandang untuk istirahat.

Sering-sering keluarkan peliharaanmu dari kandangnya untuk bermain dan berjemur.

Perhatikan juga lantai kandang. Bahannya harus bisa menahan bobot peliharaanmu. Sebaiknya dibuat agak kasar supaya tidak licin waktu basah. Perhatikan juga sudut kemiringannya agar tidak tergenang air kalau habis dibersihkan.

Kalau peliharaanmu sering ditinggal, buatlah kandang yang sekaligus jadi tempat bermain. Lalu, masukkan mainan kesukaannya.

Kandangnya harus jadi tempat yang enak untuk istirahat, jadi hindari menyimpan tempat buang kotoran di dalamnya.

Food to Feed

v       For your dog and cat

  • Berikan ayam, daging atau ikan yang fresh dan sudah direbus sampai lembut. Jangan diberi garam karena tidak bisa tersintesa dan di-metabolisir tubuhnya, juga menyebabkan bulu rontok.
  • Tetap konsultasikan ke veterinarian setiap mau memberikan jenis makanan tertentu, walau direkomendasikan oleh petshop.
  • Kucing harus diberi susu? Tidak selalu. Justru kalau tidak cocok, bisa menyebabkan diare. Air matang sebenarnya sudah cukup untuk kucing.

Pet Training

Kesulitan terbesar dalam memelihara hewan mungkin soal buang kotorannya yang suka sembarangan. Salah satu solusi yang bisa kamu coba adalah dengan pet training. Tidak hanya soal potty problem, kamu juga bisa mengajarkan peliharaanmu how to behave.

These are the tips and tricks:

  1. Pet abusing is a BIG no!
  2. Patience is the key.
  3. Konsisten dan tegas’
  4. Bedain masing-masing ekspresi untuk tiap-tiap perintah
  5. Buat mereka terbiasa dengan kalung dan tali penuntun
  6. Semua latihan perlu dilakukan berulang-ulang

Belum Ada Tanggapan to “PET CARE”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: