keindahan hidup
Just another WordPress.com weblog

PENGARUH MUSIK DI INDONESIA

Saat ini musik memang sudah bukan barang langka lagi di Indonesia. Keberadaannya bisa dijumpai dimana saja mulai dari radio tape di kamar kamu, IPod yang selalu kamu bawa kemana-mana, speaker-speaker di mall, live music di cafe-café, hingga berbagai panggung konser di tiap sudut kota. Sadar nggak sadar, dalam sehari pasti selalu ada bunyi musik yang mampir diteliinga kamu. Saking terasa akrabnya masyarakat dengan musik, musik pun menjadi salah satu komoditi besar yang cukup berpengaruh buat negeri ini. Kira-kira apa saja sih pengaruh yang dibawa musik buat negeri ini?

Meningkatnya Pertumbuhan Ekonomi.

Tingginya minat masyarakat pada musik sudah tentu memancing para pelaku industri musik untuk terus menghasilkan produk yang sesuai dengan selera pasar. Hal ini dibuat untuk terus mendongkrak pemasukan dan membantu keterpurukan para investor yang sudah menanamkan modalnya di industri musik Indonesia. Dengan adanya hal ini, semua orang yang terlibat dalam industri ini mulai dari pihak label, musisi, designer, promoter, perusahaan selular, sampai para penjual alat elektronik, kaset dan CD pun jadi punya banyak pemasukan. Kabarnya nilai royalty yang diterima seorang musisi dari lagunya bias mencapai nilai milyaran rupiah lho.

Rasa Bangga Terhadap Produk Lokal

Kalau dibandingkan, saat ini presentase eksistensi musik local jauh lebih besar disbanding musik mancanegara. Bahkan hamper 100% program musik yang ditayangkan media televisi adalah musik local. Dengan semakin seringnya mendapat suguhan tayangan-tayangan seperti itu, otomatis masyarakat pun akan semakin menyukai apa yang ada dihadapan mereka. Secara tidak langsung, mereka seolah-olah di-drive untuk selalu menerima apa yang disajikan. Tidak heran kalau akhirnya banyak orang yang tadinya tidak suka dengan music tertentu, sekarang justru berbalik jadi menyukainya. Imbas dari hal ini adalah, music lokalpun tidak lagi dipandang sebelah mata.

Maraknya Pembajakan

Jika berbicara tentang music, tidak lengkap rasanya kalau tidak menyebutkan kata pembajakan. Masalah ini memang seolah-olah sudah mengakar di ranah bumi pertiwi. Mengutip dari ASIRI (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia), tahun 2008 produk kaset dan CD bajakan di Indonesia mencapai 90% dari produk aslinya. Artinya, dari keseluruhan album yang beredar di pasaran., Cuma 10 % yang merupakan barang asli. Tidak heran kalau hal ini akhirnya berimbas ke penurunan penjualan album legal yang merosot sebanyak 20 % tiap tahunnya. Pembajakan memang jadi kasus yang sulit diatasi. Hal ini dikarenakan masyarakat pun secara tidak langsung ‘turut mendukung’ adanya pembajakan dengan seringnya mereka membeli barang-barang tidak asli tersebut.

Musik Indie Mulai Diakui

Seiring dengan maraknya perkembangan music di Indonesia, masyarakat menjadi lebih terbuka dalam menerima berbagai warna music yang muncul ke permukaan. Beberapa musisi yang berasal dari kalangan indie pun mulai dilirik oleh peminat music. Beberapa kalangan, khususnya anak muda, banyak yang mulai menyukai lagu-lagu yang dibawakan oleh para musisi indie ini. Dengan begitu, music Indonesia bisa makin terus berkembang dan kaya akan warnanya yang bermacam-macam.

No Responses to “PENGARUH MUSIK DI INDONESIA”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: